Berapa Modal freenesia ?

Jika ditanya modal pasti semuanya tergantung bagaimana kita mampu memanfaatkan setiap kesempatan yang ada. Besar kecilnya modal fisik tidak akan berpengaruh besar kepada hasilnya, tapi modal tekad adalah yang utama. Modal kecil dengan tekad yang bsar akan lebih baik daripada modal besar tanpa tekad. Jujur modal fisik yang saya keluarkan hanyalah 25$, karena memang semuanya hanya tergantung kesungguhan saya dalam membuat kesempatan menjadi keberhasilan. Modal saya secara terperinci adalah sebagai berikut :

Laptop

Laptop merupakan modal bagi saya, karena memang laptop atau komputer merupakan media saya untuk menuling code-code pemrogaman dan mengimplementasikanya menjadi sebuah aplikasi. Saya sendiri mempunyai laptop ini sudah sejak agustus 2016. Laptop saya Asus TP201SA, memang bukan laptop yang sesuai untuk programer karena prosesor yang kurang baik. Jadi saya tidak menyarankan laptop ini. Sebagai softwarenya saya menggunakan Android Studio. Pada dasarnya banyak cara membuat aplikasi android tapi menurut saya Android Studio adalah yang terbaik, bukan karena kemudahan tetapi karena fleksibelitasnya. Untuk ujicoba saya menggunakan emulator android memu yang sudah disinkronkan dengan android studio.

Ilmu

Ilmu merupakan bukan modal pertama tetapi merupakan modal yang paling utama. Saya mendapat ilmu pemrogaman android secara otodidak tanpa ada ahli yang mengajari saya secara langsung, karena memang pendidikan saya bukan tentang IT. Ilmu yang saya dapatkan sebagian besar berasal dari situs-situs terkenal baik dalam negeri ataupun luar negeri. Untuk dalam negeri biasanya saya mengunjungui okedroid dan twoh, sedangkan untuk situs luar negeri saya biasanya mengunjungi situs tutsplus dan stackoverlow.

25$

Setelah membuat aplikasi tentu saja kita membutuhkan media untuk menyebarluaskan aplikasi buatan kita, dan jawabanya adalah play store. Tidak seperti Pasar App android lainnya, Google Play Store sangat luas dan sekitar 99% Android pasti terinstall google play store. Oleh karena itu tidak rugi jika kita harus mengeluarkan 25$ untuk dapat mengupload aplikasi. Hal ini memang terbukti dari play store saya mendapatkan sekitar 35.000 downloader dan sekitar 15.000 pengguna aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *