FREENESIA

KEBEBASAN UNTUK INDONESIA

Kenapa harus App Developer?

2 min read

Mungkin banyak yang berfikir bahwa kenapa harus membuat aplikasi android ? kenapa tidak web delepment atau video content?. Itu merupakan jawaban yang lumrah terjadi mengingat sekarang ini sedang marak-maraknya konten youtube daripada app development. Tidak jarang juga banyak kita temui web development yang terus bermunculan dengan karakteristik unik sehingga banyak pengunjungnya. Jadi disini saya akan mencoba menjelaskan kenapa saya membuat aplikasi android?

Hal utama yang menjadi alasan saya membuat aplikasi android adalah copyright of content. Mungkin ada sebagian yang belum tau apa yang saya maksud dengen “copyright of content (selanjutnya disebut COC)”. COC adalah hak dari sebuah pencipta atas konten yang telah diciptakanya. Misalnya saja seorang creator video di youtube yang membuat video unik dan mengesankan, penikmat video tersebut dapat dengan mudah mendownload dari youtube video tersebut tanpa izin dan creator tidak tahu bagaimana videonya digunakan serta tidak ada penghargaan setelah hal itu terjadi. Belum cukup sampai disitu, video tersebut dapat diedit penciptanya dan banyak yang beranggapan bahwa video tersebut merupakan orisinalitas dari pendownload. Lain halnya dengan Android App yang menggunakan sistem yang rumit sehingga sekalipun aplikasi tersebut di download file .apk nya, tidak dapat diubah isi dari file tersebut sehingga hak cipta dari sebuah aplikasi dapat terjaga. Kemudian kenapa tidak membuat web content?

Web content merupakan cara paling mudah seseorang untuk membuat sebuah tulisan, gambar maupun mengekspresikan karyanya di internet. Akan tetapi sadarkah kalian di dunia ini ada ribuan orang yang bahkan dapat dengan mudah melakukan copy paste terhadap tulisan kalian?. Bahkan ketika terdapat 2 situs yang menampilkan konten yang sama, kita tidak tau mana yang sebenarnya asli. Mana yang sebenarnya author dari tulisan tersebut. Kita yang punya pikiran tetapi ternyata digunakan oleh orang lain tanpa izin dan bahkan mungkin ada yang mengaku tulisanya tersebut orisinil. Jadi mengapa kita tidak menjaga kreativitas kita seaman mungkin dan jangan sampai produk kita dipakai oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi kita semua. Jangan sampai kita terjerumus kepada internet yang tidak sehat. Tentu saja harapan kita di lingkungan ini kita bisa saling bekerja sama untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik lagi. Hargailah tulisan orang lain, jangan sampai menjadi orang tidak berguna yang selalu menyusahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
error: Content is protected !!