Pengalaman mengenai akun Google Play Deveeloper

Sekitar 1,5 setengah tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2016-an saya memutuskan untuk membuat akun developer di Google Play. Google Play developer merupakan salah satu media bagi developer app android untuk menyalurkan aplikasinya agar mampu tampil di Google Play Store. Jalan ini saya pilih karena menurut saya merupakan solusi agar aplikasi saya banyak peminatnya. Pada awalanya aplikasi yang saya buat hanya untuk saya bagikan melalui media lain bukan Google Play Store.

Seiring dengan berjalanya waktu, saya terus mengupload aplikasi yang sebagian besar tentang edukasi. Pada awalnya saya membuat soal untuk Anak Sekolah Dasar dan SMP. Hingga Agustus 2018 saya telah mengupload sekitar 15 Aplikasi edukasi. Pada saat itu saya juga sudah membuat aplikasi untuk tes CPNS. Dari awal saya membuka akun sampai sekarang saya tidak pernah mendapatkan peringatan pelanggaran. Ketika beberapa aplikasi saya sudah saya upload ke Google Play Store yang saya sadari adalah semua aplikasi saya dibawah kontrol dari Google. Ketika konten yang ditayangkan tidak sesuai maka Google dapat tidak menayangkan iklan dalam aplikasi saya. Hal ini sebenarnya positif untuk melindungi “user”, akan tetapi alangkah baiknya apabila diberikan notifikasi kepada developer.

Pada tanggal 15 Agustus 2018 saya mengupload game pertama yang saya buat dengan Unity. Hingga sertifikasi IARC keluar. Saya tidak begitu melihat emailnya pada waktu itu, karena saya pikir game tersebut tidak bermasalah. Hingga pada tanggal 16 Agustus 2018 saya mendapat email sebagai berikut :


This is a notification that your Google Play Publisher account has been terminated.

REASON FOR TERMINATION: Prior violations of the Developer Program Policies and Developer Distribution Agreement by this or associated accounts as outlined in previous emails sent to the registered email address(es) of the Publisher account(s).

Google Play Publisher suspensions are associated with developers, and may span multiple account registrations and related Google services.

You can visit the Developer Policy Center to better understand how we enforce Developer Program Policies. If you’ve reviewed the policy and feel this termination may have been in error, please reach out to our policy support team.

Do not attempt to register a new developer account. We will not be restoring your account at this time.

The Google Play Team


Pada saat itu saya tidak begitu sadar bahwa itu adalah email pemberhentian akun saya. Pada tanggal 17 Agustus 2018 saya mencoba membuka akun developer saya dan ternyata sudah tidak bisa diakses lagi. Hal ini membuat saya mengamati email yang masuk, dan teryata email tersebut berisi tentang pernyataan bahwa aakun saya telah dihentikan. Dari pengamatan pribadi dengan kemampuan bahasa inggris yang tidak terlalu bagus saya menyimpulkan bahwa akun saya dihentikan karena melanggar Peraturan dari Google sessuai dengan “Email notifikasi yang telah dikirimkan sebelumnya” ke akun email. Padahal kenyataanya saya tidak pernah mendapatkan notifikasi pelanggaran dari Google sebelumnya. Selain itu dari email tersebut menyatakan bahwa akun developer saya terkain pelanggaran pendaftaran ganda, padahal saya belum pernah membuat akun developer sebelunya, saya saja untuk mengeluarkan uang 25$ saya berfikir panjang, karena memang kondisi ekonomi pribadi saya pada saat itu. Dari situ saya sadar betapa ketatnya peraturan Google Play Developer. Mulai dari situ semua aplikasi yang saya miliki di Google Play Store hilang tanpa jejak. Padahal review dari “user” aplikasi saya rata-rata 4 bintang. Saya sudah membangun kumpulan aplikasi yang saya harapkan berguna dengan banyak testimoni baik dan pada akhirnya dihapuskan semuanya. Hal ini ibaratkan anda membangun sebuah rumah selama puluhan tahun dan setelah rumah tersebut jadi, rumah anda dihancurkan oleh seseorang tanpa ada pemberitahuan dan anda sekarang tidak memiliki apa-apa. Saat ini saya sedang melakukan proses banding, dengan hasil banding pertama masih nihil dan menunggu hasil banding selanjutnya.

Postingan ini bukan merupakan postingan untuk merendahkan pihak satu ataupun yang lainya. Akan tetapi sebagai media belajar pengembangan diri agar tidak terjadi hal seperti diatas. Sekaligus sebagai cara saya menyampaikan ke Google bahwa kondisi saya seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *