Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.

Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Praktik pidato

  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato

  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato remaja

Metode Pidato

  • Impromptu yaitu metode berpidato yang serta merta tanpa adanya persiapan
  • Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato terlebih dahulu.
  • Naskah yaitu metode berpidato dengan membacakan teks/naskah pidato.
  • Ekstemporan yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato yang akan disampaikan.

 

CONTOH PIDATO

Assalamu’alaikum warohmatullaahi wabarakaatuh

 

 

Bismillahirrahmanirrahiim

Allahummasholli ‘Alaa Muhammmad

 

Yang terhormat dewan juri, para hadirin! Serta teman temanku yang di rahmati Allah.

Pada Kesempatan ini saya akan menguraikan tentang  “Pentingnya Sopan Santun Di rumah Dan Di Sekolah” yang menjadi topik pilihanku

Kita jadi pintar menulis dan membaca! karena Siapa?

Kita jadi bisa beraneka bidang ilmu! karena Siapa?

Tentunya,,,,,karena Gu-ru

Di zaman yang serba modern saat ini, di zaman kita menjalankan syari’at Rasulullah SAW. Sopan Santun menjadi masalah utama. Dirumah, di sekolah sebagai seorang anak!sebagai seorang siswa Biasakan S5 Senyum Salam Sapa Sopan Santun”  Mas,,,Mbak,,, Permisi! Pak,,, Bu,,, Nyuwun Sewu! Numpang lewat Nggeh pak

Rasulullah SAW bersabda:

 

 

“Sesungguhnya aku di utus hanyalah untuk menyempurnakan budi pekerti yang luhur (HR.Ahmad)

Betapa hebatnya seorang anak, betapa hebatnya seorang Siswa! Komputer…..Ahli! internet… Ahli Matematika….Jago! Bahasa Indonesia… Jago. Otaknya BERLIAN Pemikirannya cemerlang kalau tidak di barengi Akhlakul Karimah! Sopan santun!Tidak ada artinya! Tidak ada nilainya tidak ada harganya

Pepatah Jawa mengatakan ”Wong Tuwo Nggedekno Rogo Guru Nggedekno Roso” Orang tua yang merawat dan membesarkan jiwa raga kita Sedangkan Guru yang membuat kita kaya akan ILMU

 

Hadirin yang Saya hormati…………

Saya Masih prihatin ada kasus kecil di rumah,,ada orang tua yang sampai hati memukul anaknya sendiri!gara gara anak memecahkan gelas.Di kelas ada guru….!Marah marah bahkan sampai Membentak-bentak!bahkan sampai memukul meja! Gara-gara apa? Murid tidak bisa matematika, diterangkan KPK nggak mudeng-mudeng!

Untuk itu mari bersama-sama! Ibda’ bin nafsik mulailah dari diri sendiri  biasakan S5“Senyum Salam Sapa Sopan Santun. di sekolah! Di rumah maupun dimasyarakat

 

Manuk Emprit Mangan Pantun, Jenang Abang Gulo jowo” Dados Murid kudu duwe Sopan Santun, Marang guru lan wong tuwo ”

 

Mohon maaf bila ada yang kurang berkenan sekian terima kasih.

 

Billahitaufiq wal Hidayah Warridlo Wal Inayah

 

Wassalamu’alaiukum Wr. Wb.

Pembukaan Pidato tentang Perkembangan Teknologi Internet :

Assalamualaikum W.W

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan ridho-Nya hingga kita dapat berkumpul di sini dalam keaadaan sehat walafiat.Terima kasih teman-teman sudah menyempatkan waktunya untuk datang ke ruangan ini.Maksud saya adalah saya ingin menyampaikan sebuah pidato yang berjudul teknologi internet.

Isi Pidato tentang Perkembangan Teknologi Internet:

Kata internet sudah tidak asing lagi bagi kita.Teknologi internet sudah mengalami kemajuan sampai saat ini.Dahulu internet jarang dipakai.Namun sekarang internet sudah banyak yang memakai.Kemajuan teknologi internet karena adanya globalisasi.Dahulu internet hanya digunakan untuk bersosialisasi,sedangkan sekarang internet sudah bisa dipakai untuk membantu menyelesaikan pekerjaan.

Saat ini,internet sudah sering digunakan oleh masyarakat.Internet juga dibutuhkan oleh pelajar sampai dewasa.Dengan kata lain internet juga dapat membantu pekerjaan kita.Internet tidak hanya digunakan untuk membantu pekerjaan,tetapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi yang luas.Ternyata kegunaan internet dapat membantu kita untuk meringankan pekerjaan.

Seiring dengan perkembangan zaman,sekarang teknologi internet sudah sangat berkembang.Dahulu,teknologi internet hanya bisa menggunakan hp.Namun,sekarang internet sudah bisa menggunakan laptop ataupun komputer.Sekarang anak-anak sampai dewasa pun sudah bisa menggunakan internet.Sekarang,dizaman modern saat ini internet sudah sangat sering digunakan.

Penutup Pidato tentang Perkembangan Teknologi Internet :

Jadi,manfaat internet ada banyak terutama dapat membantu meyelesaikan pekerjaan.Sekarang laptop,hp,dan komputer juga bisa digunakan untuk membuka internet.Harapan saya,semoga teman-teman semua dapat menggunakan internet dengan sebaik-baiknya.Terima kasih teman-teman karena sudah mendengarkan pidato saya.

Wasalamualaikum W.W

Pembukaan Pidato tentang Cinta Tanah Air :

Assalamualaikum W.W.

Pertama-tama mari kita mengucapkan puji syukur atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.Kita dapat berkunpul di sini dengan sehat wal afiat karena –Nya.Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman sekalian.Kedua saya berdiri di sini akan menyampaikan pidato.Piadato saya kali ini bertema cinta tanah air.

Isi Pidato Cinta Tanah Air :

Apakah kalian tahu kenapa kita harus cinta pada tanah air kita sendiri ?.Iya itu sebenarnya memang betul,kita harus cinta pada tanah air kita .Karena kita bangsa Indonesia kaya akan budaya dan suku yang bermacam-macam.kita harus bersyukur dengan kekayaan Allah SWT yang telah diberikan kepada kita semua.Kita dapat mengenal suku bangsa yang berbeda dengan kita.Atas limpahan dari Allah kita dapat mengenal oaring satu sama lain.

Contoh cinta pada tanah air adalah kita harus mencintai produk dalam negeri.Disitulah kita membeli barang-barang kebutuhan kita.Walau kita membeli d luar negeri,barang luar negeri dari Indonesia. Jadi, jika kita ingin membeli barang kebutuhan,kita membeli saja di Negara kita sendiri.Negara kita memiliki hasil yang sangat memuaskan dan berkualitas terbaik.

Indonesia memiliki budaya yang melimpah.Di Indonesia ada berbagai macam budaya.Budaya di dalam negeri kita turun-menurun karena budaya itu dipakai oleh anak cucunya.Contoh budaya itu adalah tari adat pernikahan,music,dan masih banyak lagi budaya yang terdapat di Indonesia.Suatu saat juga budaya itu akan dipakai oleh anak kita sendiri.

Penutup Pidato Cinta Tanah Air :

Sebelum saya menutup pidato saya,saya ingin bertanya.Apakah kalian tahu apa kesimpulan dari pidato ini? Jika tidak ada yang megetahinya,akan saya beri tahu.Kesimpulannya adalah kita harus saling mengenal satu sama lain,mencintai produk budaya kita sendiri,dan yang terakhir kita harus mencintai budaya dan Negara kita sendiri.Itulah kesimpulan dari pidato saya,sebelum saya menutup pidato ini apakah ada yang ingin bertanya? Jika tidak saya akan mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum W.W.

 

SUMBER

https://id.wikipedia.org/wiki/Pidato

Teks Pidato Bahasa Indonesia ”Pentingnya Sopan Santun di Rumah dan di Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *