FREENESIA

KEBEBASAN UNTUK INDONESIA

(Semester2-Tugas Botfar)-Kode Tata Nama Internasional 2005

5 min read

NAMA                       : TAZKIYATUL FITHRIYAH

NIM                            : 172210101014

KELAS                      : A

 

Jelaskan dengan singkat (menggunakan tabel) perbedaan Kode Tata Nama Internasional 2005 dan 2011!

No Pembeda Kode Vienna (2005) Kode Melbourne (2011)
Taksonomi dan tingkatannya 1.       Kelompok taksonomi dari setiap  peringkat dalam Kode Etik ini, disebut sebagai taksa (tunggal: takson).

2.         Fosil taksa sebagai morphotaxa. Morphotaxon didefinisikan sebagai jenis/takson fosil yang, untuk tujuan nomenclatural, terdiri dari hanya satu bagian, panggung sejarah hidup.

3.       Bentuk-taksa aseksual bentuk (anamorphs) jamur tertentu pleomorphic menggunakan nama-nama morphotaxa

Dihapuskan
Tipifikasi 1.      Nama pengganti/nomen novum untuk nama yang lebih tua ditandai dengan jenis nama yang lebih tua. 2.      Namun, jenis nama takson yang ditugaskan ke kelompok harus ditentukan sesuai dengan indikasi atau deskriptif dan materi lainnya yang menyertai publikasi yang sah

 

3.      Typification nama-nama morphotaxa fosil tanaman, anamorphs jamur dan setiap taksa analog lain pada atau di bawah peringkat genus tidak berbeda dari yang ditunjukkan di atas.

 

4.      Untuk tujuan prioritas penunjukan jenis dicapai hanya dengan efektif publikasi

1.    Nama pengganti ditandai oleh jenis sinonim yang diganti

 

 

2.    Nama takson yang ditugaskan ke kelompok harus ditandai oleh elemen yang dipilih dari konteks publikasi yang sah

 

 

 

3.    Typification nama fosil-taksa dan setiap taksa analog lain pada atau di bawah peringkat genus tidak berbeda dari yang ditunjukkan di atas.

 

 

4.    Untuk tujuan prioritas penunjukan jenis dicapai hanya dengan efektif publikasi. Untuk tujuan prioritas, penunjukan jenis dicapai hanya jika jenis pasti diterima seperti itu oleh penulis typifying, jika elemen jenis yang jelas ditunjukkan oleh rujukan langsung termasuk istilah “jenis” (typus).

Pembatasan prinsip prioritas 1.    Nama-nama anamorphs jamur dengan siklus kehidupan pleomorphic tidak terlepas dari prioritas, mempengaruhi status nomenclatural nama – nama holomorphs berkorelasi 1.        Dihapuskan
Nama taksa menurut peringkat mereka (nama taksa di atas peringkat keluarga) 1.     Nama divisi atau filum harus berakhir di – phyta kecuali takson adalah divisi atau filum jamur, sehingga namanya harus berakhir di – mycota.

 

 

 

 

2.      Sebuah nama subdivisi atau subfilum harus berakhir di – phytina, kecuali itu adalah subdivisi atau subfilum jamur, dalam hal ini harus diakhiri – mycotina.

 

3.      Sebuah nama kelas atau subclass harus berakhir sebagai berikut : Di ganggang :  Phyceae (kelas) dan Phycidae (sublass). Dalam jamur : Mycetes (kelas) dan Mycetidae (subclass). Dalam kelompok-kelompok lain tanaman : Opsida (kelas) dan ide, tetapi tidak Viridae (subclass)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.      Dalam memilih antara nama-nama yang ditandai untuk jenis/takson di atas peringkat Keluarga, penulis umumnya harus mengikuti prinsip prioritas.

1.      Akhir nama secara otomatis ditandai sebagai berikut: nama divisi atau filum berakhir di – phyta, kecuali itu merujuk pada ganggang atau jamur di mana kasus itu berakhir di – phycota atau – mycota.

 

  1. Nama subdivisi atau subfilum berakhir di – phytina, kecuali subspesialis ganggang atau jamur dalam hal berakhir di – phycotina atau -mycotina

 

 

  1. Nama kelas dalam ganggang berakhir di phyceae, dan sebuah subclass phycidae. Nama kelas dalam jamur berakhir di mycetes, dan sebuah subclass di mycetidae. Nama kelas dalam tumbuhan berakhir di opsida, dan sebuah subcalss di ide (tetapi tidak viridae). Secara otomatis ditanda nama yang tidak sesuai dengan pengakhiran tersebut atau mereka dalam seni untuk diperbaiki, tanpa perubahan penulis kutipan atau tanggal publikasi.

 

  1. Dalam memilih antara nama-nama yang ditandai untuk jenis/takson di atas peringkat Keluarga, penulis umumnya harus mengikuti prinsip prioritas.
(Nama keluarga dan subfamili, suku dan suku) 1.      Nama subdivisi keluarga berdasarkan nama generik yang tidak sah yang tidak dasar nama keluarga dilestarikan tidak sah.   2.    Ketika nama takson yang ditugaskan ke salah satu kategori di atas telah diterbitkan dengan penghentian Latin tidak pantas, seperti – eae untuk subfamili atau – oideae untuk satu suku, penghentian harus berubah untuk sesuai dengan aturan, tanpa perubahan penulis kutipan atau tanggal publikasi). Namun, jika nama-nama tersebut diterbitkan dengan penghentian non Latin mereka tidak sah diterbitkan.  1.      Nama subdivisi keluarga berdasarkan nama generik yang tidak sah kecuali dan sampai itu nama generik atau nama keluarga yang bersangkutan kekal.

 

2.        Ketika nama subdivisi keluarga telah diterbitkan dengan penghentian Latin tidak pantas, seperti – eae untuk subfamili atau – oideae untuk satu suku, penghentian harus berubah untuk sesuai dengan seni, tanpa mengubah rujukan penulis atau tanggal. Namun, jika nama tersebut diterbitkan dengan penghentian non Latin tidak sah diterbitkan.

 

(Nama genre dan subdivisi dari genera) 1.        Ketika julukan nama subdivisi dari genus identik dengan atau berasal dari julukan di nama spesifik yang merupakan homonim kemudian, jenisnya adalah jenis homonim itu kemudian, nama yang benar yang harus memiliki julukan berbeda. 1. Ketika julukan nama subdivisi dari genus identik dengan atau berasal dari julukan nama termasuk spesies yang merupakan homonim kemudian, jenis nomenclatural adalah bahwa homonym terakhir.
Nama-nama taksa di bawah peringkat spesies (infraspecific taksa) 1.             Untuk tujuan nomenclatural, sebuah spesies atau apapun takson di bawah peringkat spesies dianggap sebagai jumlah taksa yang subordinat, jika ada. Dalam jamur, holomorph juga mencakup bentuk yang berkorelasi-taksa 1.    Dihapuskan (untuk tujuan nomenclatural, sebuah spesies atau takson apapun di bawah peringkat spesies dianggap sebagai jumlah taksa yang subordinat, jika ada)
Efektif dan berlaku publikasi 1.            Publikasi dilaksanakan, di bawah kode ini, hanya dengan distribusi cetakan (melalui penjualan, pertukaran, atau hadiah) kepada institusi publik atau minimal untuk botanical umum dengan Perpustakaan dapat diakses oleh botanis umumnya. Itu tidak dipengaruhi oleh komunikasi baru nama pada pertemuan umum, dengan menempatkan nama dalam koleksi atau taman terbuka untuk umum, dengan masalah mikrofilm terbuat dari naskah, typescripts, atau materi lain yang tidak diterbitkan, atau hanya dengan distribusi secara elektronik atau melalui media elektronik.        1.          Publikasi tidak dipengaruhi oleh komunikasi nomenclatural hal baru pada pertemuan umum, dengan menempatkan nama dalam koleksi atau taman terbuka untuk umum, masalah mikrofilm terbuat dari naskah atau typescripts, atau materi lain yang tidak diterbitkan, atau distribusi bahan elektronik

 

(Kondisi dan tanggal berlaku publikasi nama) 1.                Untuk publikasi nama-nama taksa plant yang awalnya tidak diperlakukan sebagai tanaman, 1.      Untuk publikasi nama organisme awalnya ditetapkan ke grup tidak tercakup oleh kode ini,

 

1.      Pengecualian untuk dibuat untuk nama generik pertama diterbitkan oleh Linnaeus dalam spesies plantarum yang diperlakukan sebagai yang sah 1.      Pengecualian untuk nama generik pertama diterbitkan oleh Linnaeus dalam spesies plantarum, yang diperlakukan sebagai yang telah sah diterbitkan dalam karya-karya meskipun Deskripsi memvalidasi diterbitkan kemudian dalam Genera plantarum

 

1.          Jika takson diperlakukan sebagai milik ganggang atau jamur, salah satu nama yang perlu memenuhi persyaratan kode bebas-botanical terkait untuk status yang setara dengan publikasi yang berlaku di bawah kode hadir , mengenai kehomoniman). Namun, nama yang dihasilkan di zoological nomenklatur sesuai dengan prinsip koordinasi dianggap tidak sah diterbitkan di bawah kode botani kecuali itu muncul di media cetak dan diterapkan ke takson yang diterima.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.        Nama baru harus diikuti dengan rujukan langsung yang menunjukkan novel status.

 

 

3.         Pada secara terpisah dicetak dan diterbitkan salinan karya yang diterbitkan dalam majalah berkala, nama berkala, jumlah volume atau bagian, pagination asli, dan tanggal (tahun, bulan, dan hari) harus ditunjukkan.

1.     Jika jenis/takson awalnya ditugaskan untuk kelompok yang tidak tercakup oleh kode ini diperlakukan sebagai milik ganggang atau jamur, salah satu nama yang perlu memenuhi persyaratan relevan lain kode yang penulis menggunakan untuk status yang setara dengan publikasi yang berlaku kode di bawah ini, mengenai kehomoniman). Kode yang digunakan oleh penulis ditentukan melalui bukti internal, terlepas dari setiap klaim oleh penulis ke kelompok organisme yang takson ditetapkan. Namun, nama yang dihasilkan di zoological nomenklatur sesuai dengan prinsip koordinasi tidak sah dipublikasikan kode di bawah ini kecuali dan sampai itu benar-benar muncul dalam sebuah publikasi sebagai nama yang diterima dari jenis/takson.

 

 

 

2.     Saat mempublikasikan hal baru nomenclatural, penulis harus menunjukkan ini

 

 

3.     Di cetak ulang dari makalah yang diterbitkan dalam majalah berkala.

 

 

 

*Pada kode Melbourne perubahan terjadi pada acara penamaan tanaman baru, alga, dan jamur.

Penghapusan ketentuan untuk tata nama terpisah untuk jamur dengan riwayat hidup pleomorpis

*pada kode Vienna, menerapkan nama khususnya kelompok organisme, fosil tumbuhan, pleomorphis jamur

 

ANDA DAPAT MENDOWNLOAD FILE TUGAS INI MELALUI APLIKASI EDUKASI “PAKET PINTAR” BERBASIS ANDROID MELALUI LINK INI

PAKET PINTAR

 

ANDA JUGA DAPAT MENGETAHUI PENJELASAN TENTANG APLIKASI PAKET PINTAR MELALUI LINK DIBAWAH INI

Aplikasi Edukasi “PAKET PINTAR”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
error: Content is protected !!