Perjalanan saya sendiri sebagai seorang developer aplikasi sudah beberapa tahun berjalan. Beberapa tahun tersebut saya alami dengan penuh suka dan dukanya. Ada pada masanya saya mendapatkan pendapatan yang cukup banyak dan sampai pada akhirnya akun saya di banned oleh google. Maka dari itu perlu adanya beberapa pertimbangan bagi pembaca sekalian yang ingin melakukan monetize aplikasi android.

Pertama kali saya membuat aplikasi adalah aplikasi edukasi yang tidak saya beri iklan. Seiring perkembangan waktu akhirnya saya mengetahui bahwa aplikasi saya dapat menghasilkan uang dengan cara diberi iklan. Sejak saat itu saya langsung memasang iklan karena tertarik dengan pendapatan yang dihasilkan. Pada awal saya memasang iklan, penghasilan perhari hanya berkisar Rp 5.000,00. Karena masih tergolong kecil maka saya terus menambah jumlah aplikasi hingga dalam sebulan saya membuat sekitar 20 aplikasi dalam satu akun developer yang saya miliki.

Setelah dua bulan berjalan akhirnya akun admob saya mencapai batas payout (Rp.1.300.000,00) dan akhirnya saya bisa mengambil uang yang saya hasilkan dari aplikasi. Seiring dengan berjalanya waktu saya mampu melakukan payout setiap bulannya. bahkan pada waktu itu pernah mencapai Rp 4.000.000,00 dalam sebulan. Dari situ saya terus berusaha memperbaiki aplikasi saya. Dalam hal ini tentu saja banyak penempatan dan timing iklan yang tidak sesuai dan terus saya perbaiki agar mengikuti perkembangan kebijakan dari google admob. Sekitar satu tahun saya terus mendapatkan penghasilan dari admob.

 

Pada september 2018 akhirnya google melakukan pemblokiran terhadap semua aplikasi yang saya miliki di akun developer saya. Sejak saat itu juga Tayangan iklan admob di aplikasi saya dihentikan. Sejak saat itu tayangan dalam admob menjadi nol (0). Padahal pada waktu itu permintaan untuk tayangan di admob saya mencapai 6 juta lebih. Dalam hal ini memang saya apresiasi google yang fair dalam penayangan iklan, google tidak menayangkan iklan satupun ketika akun saya di banned, walaupun dengan permintaan yang sangat tinggi.

 

Demikianlah cerita saya tentang membuat aplikasi dan saya pasang admob yang berakhir tragis. Semoga hal ini dapat menjadi pengalaman dan pelajaran bagi temen-temen semua. Semoga apa yang saya alami tidak terjadi pada teman-teman sekalian.